Total Tayangan Halaman

Senin, 09 Mei 2016

Teaching Experiences

"Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat" (Wikipedia)

Di post sebelumnya aku sempet bilang aku ingin menjadi dosen, dulu guru sih tapi yah mama bilang bagusnya dosen aja karena time nya bisa flexible jadi aku nurut mama aja ya karena aku suka ngajar jadi saran mama aku ikutin. Kenapa suka ngajar? Ya karena selain membantu orang lain dan berbagi pengetahuan kita juga pasti dapat ilmu dan pengalaman dari orang yang kita ajar, belajar tiap hari dengan cara yang menyenangkan. Aku pribadi suka sekali berinteraksi dengan orang banyak, kalau jadi pengajar kan pasti ngobrol sama murid hehe.

Waktu kuliah dulu banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang kudapatkan dari bapak ibu dosenku. Sebagian ada yang galak sih, yang bikin takut, yang bikin ogah ngampus, yang bikin…ah pokoknya malesin deh. Tapi aku janji, gak bakal jahat nanti sama mahasiswa kalau dikasi rezeki jadi dosen hehe amin. Apa sih gunanya jutek dan galak sama murid? Bukannya mereka ngerti yang kita ajarkan ke mereka, malahan mereka takut dan maki-maki kita di belakang hiii serem. Aku suka nambah banyak temen, entah tua atau muda. Kan seru kalau banyak teman, banyak rejeki.

Aku pertama kali ngajar tuh tahun 2014 di sebuah sekolah dasar Galesong Selatan, waktu KKN. Ngajarin anak SD seru banget, mereka pada kocak dan gak bikin ngantuk haha. Ya tapi sudah kodratnya anak SD pasti mereka mau main terus, nah aku mengajarkan Bahasa inggris jadi untuk menarik perhatian mereka agar mereka gak bosan yah aku belajar sambil main game biar asik. Alhamdulillah mereka senang dan pengen belajar terus, ingat waktu itu sore-sore mereka dating ke posko minta di ajarin lagi padahal besok kan aku datang ke sekolah mereka. Aduh jadi kangen sama mereka.

   

 
(teaching in SDN. Galesong Selatan)

Kemudian aku jadi tutor di White House. Disini aku mengajar Bahasa Inggris untuk semua umur, namun kebanyakan orang dewasa. Awalnya aku sempat nervous sih, namun berkat teman-teman kantor ku yang udah pada senior bersedia ngajarin aku, aku jadi bisa belajar dengan baik. Sebelumnya aku dipercayakan mengajar anak sekolah, namun kemudian aku dipercayakan mengajar Pasis PIP Makassar (Politeknik Ilmu Pelayaran). Mereka umurnya 2x lipat dari aku wah, aku sempet canggung sih tapi alhamdulillah mereka pada baik-baik semuanya.


 
(ini waktu ngasi tau rules TOEFL test untuk peserta)

Di PIP ini aku mengajar selama 2 bulan, tapi waktu cepat sekali berlalu dan tidak terasa. Kami pun harus berpisah karena kontrak kerja sama kantorku sudah selesai. Sedih sih karena udah akrab sama mereka. Aku dapat pengalaman banyak dari mereka, mereka sudah berlayar ke berbagai negara dan aku sangat senang jika mereka mulai menceritakan pengalaman mereka saat berlayar, lucu dan sangat seru. Sehat terus yah bapak-bapak yang sekarang sudah lulus dan ingin berlayar lagi. Amin.
   

(ini waktu ngajar di PIP)

Kemudian aku juga dipercayakan mengajar karyawan hotel. Waktu itu hotel yang kerja sama dengan kantorku adalah Aston Makassar. Biarpun dikantor aku ngajar tiap hari, tapi kalau keluar kantor ngajar aku masih gak pede sih hehe map bu bos Miyah masih perlu belajar. Sama dengan PIP, Aston ini orangnya baik-baik semua dan older than me. Mereka menganggapku sebagai guru tanpa memperdulikan usiaku, mereka memperlakukanku selayaknya murid ke guru. Mereka gak susah di ajarnya soalnya mereka udah pada pintar dan kocak jadi seru.

 

(Teaching in Aston Hotel Makassar)

Di Aston aku mengajar 3 bulan dan tentunya setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, aduh paling sedih deh kalau harus berpisah. Semoga ilmu yang aku bagi bisa bermanfaat bagi mereka dan mereka juga bisa sukses kedepannya. Terakhir ku dengar kebanyakan dari mereka pindah kerja di hotel lain dan ada yang membuka usaha sendiri, mereka orang-orang yang luar biasa dan pekerja keras. Aku sedikit banyak terinspirasi dari mereka.
 

(Teaching in Aston Makassar)

Dan yang terakhir sebelum resign aku dipercayakan mengajar para Auditor Bosowa Corporindo. Tentu saja mereka juga luar biasa seperti kelas-kelas sebelumnya. Mereka juga pandai-pandai jadi mengajarkan Bahasa Inggris ke mereka bukan perkara yang besar hehe. Aku mengajar selama 2 bulan. Selama mengajar tentunya aku banyak mendapatkan masukan dan pengetahuan dari mereka, mereka juga usianya beragam ada yang seumuran papaku sampai tua 3 tahun, intinya mereka older lah than me hehe.

 
(Teaching in Bosowa Corporindo)

Aduh sedih sekali aku belum selesai mengajar mereka aku sudah harus resign, belum sempat say bye secara langsung huhu tapi untung sudah pada tukaran contact jadi bisa lebih gampang komunikasinya. Kedepannya aku berharap bisa bertemu lagi dengan mereka dan belajar bersama-sama lagi. Berada di sekitar mereka itu menyenangkan, sudah berasa seperti keluarga soalnya mereka semua baik hati. Sukses yah semuanya J

 

Aku sadar aku masih jauh dari sempurna untuk bisa menjadi pengajar yang baik, tapi aku tidak pernah berhenti berusaha dan berdoa. Semoga yang kucita-citakan bisa ku gapai, aku ingin membuat orang tuaku bangga telah melahirkanku dan aku juga ingin memberikan inspirasi positive kepada anak-anak muda diluar sana. Kalian bisa, kalian hanya harus berusaha karena kesuksesan tidak gampang di raih. Sebenarnya akan lebih gampang jika kalian minta doa restu orang tua atau orang-orang sekitar. Semoga kita semua sukses. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar